Selasa, 03 Januari 2012

dalam rangka mengumpulkan niat belajar terrt

besok ujian parasitologi. ternyata ada banyak mahluk hidup yg tdk dapat dilihat dgn mata telanjang. termasuk protozoa. Saya belum niat belajar. Tapi semoga setelah menuliskan ini, bisa menjadi kompor urk mulai belajar dan menjadi lebih tahu. Hehehe. Protozoa Ini bukan hewan, dan juga bukan tumbuhan, tetapi masih merupakan ciptaan Tuhan yang pastinya ada di dunia untuk membantu manusia agar dapat lebih memahami hidup. di dunia ini ada 5 jenis protozoa.
1. rhizopoda, yg geraknya menggunakan pseupodia atau kaki semu. geraknya lurus sesuai kakinya nonjol kemana dari tubuhnya itu. ada beberapa jenis rhizopoda, yaitu Entamoeba hystolitica, Entamoeba coli, Endolimax nana, Iodamoeba butschlii. Besok sy harus hafal bentuknya seperti apa, maka disini saya jelaskan morfologinya aaah, maaf ya kalau membosankan. tapi yg namanya ilmu, itu harus dibagi supaya makinpintar dansupaya kita dapat pahala. hehe.
2. Mastigophora (Flagelata) merupakan parasit yg bergerak dengan flagelnya, seperti cambuk gitu deh, dan gerakannya spiral. Spesiesnya ada buanyak, tp yg patogen dan berbahaya utk manusia adalag Trichomonas vaginalis (hidup ci vagina, prostat, dan uretra manusia loh), lalu ada Leishmania donovani (penyesbab penyakit yg disebut kalaazar atau leishmaniasis viseral, menyerzng organ dalam tubuh, tp blm pernah ada lapiran di Indonesia),dan satu lagi yg bahaya bagi manusia adalah Giardia lambia (berada di usus halus dan saluran empedu manusia, sehinga dapat menyebabkan steatorhea dan ikterus).
3. kelas Ciliata, yg bergerak menggunakan cilia. spesiesnya adalag Balantidium colo,merupakan patasitterbesar yg menyerang manusia. wow.
4. KelasSporozoa, disini tidakada alat geraknya, tetapi berkembangbiak dengan cara membelah diri menjadi bentuk yang banyaaak sekali. hehe, disini ada dua jenis, Coccidia (Toxoplasma gondii, dan teman-temannya) dan kelas hemosporodia (yaotu Plasmodium sbg penyebab dari malaria).
Penyakit akibat parasit ini, jika tinggal di usus dapat disembuhkan dgn Meteonidazol, sedangkan apabila berada di darah seperti Plasmosium, butuh pengobatan khusus sndiri. pengobatan untuk malaria tergantunf spesies yg menyerang. obat lini pertama utk malaria adalah artemisin dan amodiakuin, atau dihidroartesunat dan piperazin. jika itu adalahlasmpdium falcifarum, makan obat lini pertama radi dotambhkan dgn primakuin.

BENTUK MORFOLOGI PARASIT
Entamoeba histolika harus bs dibedakan dgn Entamoeba coli, krn E. hystolitica patogen, sedangkan E. coli tidak.
Semua memiliki bentuk kista (stadium dorman, ga makan) dan stadium trofozoit (vegetatif). stadium trofozoit dari E. histolotica ada dua yaotu teofozoit minuta yg mirip dgn trofozoit E. coli, dan trodozoit histolitika, ygvbs menembus usus dgn enzim hemolisinnya, lalu membuat ulkus di usus dan alat dalam tubuh.
Endolimax nana, merupakan parasit yg apatogen (tdk menimbulkan sakit). menirit aku yg bikin dia khas dan hrus diingat adalah kariosom (anak inti) besar, dan intinya tdk teratur.
Dientamleba fragilis, khas, memiliki 2 inti pd stadium trofozoitnya, di saat yg lain hanyaunya 1 inti. dan tiap inti memiliki banyak kariosom.

ya kira-kira begitulh tentang parasitologi. Banyak parasit yg tdk tampak oleh mata telanjang. karena itu kita sebagai manusia tdk boleh sombong. Tuhan ada dimana-mana. kalau kita congkak sedikit, dengan mahluknya yg tak kelihatan, seperti protozoa ini, Dia bisa saja mengirimi tubuh kita dengan protozoa yg mematikan, menggerogoti tubuh kita hanya supayankita kembali kepadaNya dan ,enjadi tdk takabur.
hidup protozoaaa! Hehehe. sekarang mood belajar saya sudah mulai datang. sungguh blogging memang beeguna ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar